Celahbisnis.com






Celah Bisnis
Celah Bisnis

Memang saya bukan ahli dagang atau ahli satu bidang. Tetapi dari hasil pengamatan dan penelitian yang cermat (halah sok Ilmuwan banget seh) biasanya setiap kesulitan dan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan/costumer kita adalah peluang kita untuk menciptakan bisnis baru. Contoh saja, jika menjadi penjual perhiasan tiba2 datang berkunjung pembeli yang menanyakan harga murah, biasanya kita menjawab, "wah maaf bu disini hanya menjual perhiasan mahal" atau kasus lain, "wah perhiasannya cantik sekali, apa disini juga menyediakan tempat kursus?. Dan sangat umum sekali jika pedagang menjawab, "maaf disini hanya menjual perhiasan kami tidak mengadakan pelatihan".

Well, jika kita mencermati, begitu banyak lahan bisnis yang bisa kita garap! lahan bisnis inilah yang dinamakan celah bisnis. Dengan menjual perhiasan mahal juga perhiasan murah, menyelenggarakan tempat kursus ditempat, menyediakan bahan utk kursus, menyediakan bahan mentah dan lain sebagainya tentu bisa jadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Pangsa pasar yang kita garappun semakin luas.

Dari pengalaman saya selama ini sebagai pedagang peyek, pedagang aksesoris, pedagang lontong dan kue2, pedagang sarung(halah disebutin satu2 sih?) setiap kesulitan dan permasalahan konsumen bisa memberikan keuntungan bagi kita. Ada beberapa tips dan trik agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan/konsumen diantaranya :
  1. Jalin hubungan baik dengan pelanggan (tujuannya agar mereka percaya untuk membeli dilain waktu)
  2. Tidak melakukan penipuan dan melebih2kan dalam menjual produk kita (selalu berkata jujur)
  3. Selalu berpikir positif jika seorang pelanggan tidak menyukai produk kita. Karena 1 orang pelanggan negatif bisa jadi diluar sana 10 pembeli baru mengantri untuk membeli produk kita (siapa yg tau?) Rejeki selalu datang dari arah yg tidak disangka2.
  4. Tetap bersemangat tanpa mengenal waktu, kecuali saat tidur menjelang (kalo tidurppun masih tetep semangat, apa kata dunia?)
  5. Nah yg terakhir dan terpenting yang perlu diingat adalah pelajari setiap keluhan pelanggan, karena bisa jadi ini adalah lahan bisnis/celah bisnis yang bisa kita garap.
SO, sekarang saya kesulitan untuk registrasi paypal karena kartu kredit saya tidak masuk dalam daftar kartu kredit yang disahkan oleh si paypal, mungkin ada yg bisa bantu?
3 Comments:

Nice posting ...!!!

Menjaga hubungan dengan pelanggan adalah kata kuncinya. Tanggapi dengan cepat dan serius keluhan pelanggan kita (handling complain), karena pelanggan kita nantinya secara tidak lansung akan menjadi public relation dari produk-produk yang kita jual, agar brand image atau product image tetap terjaga ...

Thanks for the posting ..!!!

November 23, 2008 at 8:39 PM  

Toko online, oh toko online.. semangatttt....

December 11, 2008 at 11:04 PM  

menjaga hubungan baik dengan pelanggan memang menjadi kunci utamanya, karena pelanggan itulah akan membawa pelanggan-pelanggan lainnya...isyilahe gethuk tular...
penjual adalah raja, pembeli adalah Dewa :)
artikelnya mantap banget bu

November 3, 2012 at 6:07 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home