Celahbisnis.com






Diantara Doa dan HIkmah
DIANTARA DOA DAN HIKMAH


Segala puji bagi Allah, Tuhan yang telah menjanjikan kepada hamba2nya untuk mengabulkan dan memperkenankan permohonannya selama hamba itu mau memenuhi persyaratannya. Dalam Quran surat Albaqarah ayat 186: "Dan bila hamba-hambaku bertanya tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan doa orang yang memohon kepada-Ku;akan tetapi hendaklah mereka memenuhi (seruan)Ku...". Betapa Allah Maha Kasih dan Maha Sayang. Kedekatannya dg Allah menyebabkan ketenangan dalam jiwanya. Bahkan dalam hadist riwayat HR Tirmidzi disebutkan: "Berdoalah kalian kepada Allah dengan optimis akan diperkenankan;dan ketahuilah oleh kalian bahwa Allah Taala tidak akan memperkenankan doanya dari hati yang lalai lagi tidak hadir".

Permasalahan yang sering kita hadapi adalah mengapa doa yang sering dipanjatkan belum juga dikabulkan? padahal sudah jungkir balik, sudah berkali-kali bermohon, bahkan terkadang kita sampai memaksakan kehendak, lebih parahnya lagi sampai terucap "Allah tidak adil!" Astaghfirullah...Kita hendaknya membaca dari sisi positifnya. Kalau sedang mengalami kegagalan, segera direnunginya kejadian itu untuk menyibak apa rahasia dibalik kegagalannya.

Alkisah dizaman Nabi Muhammad SAW ada dua orang raja yang satu iman dan yang satu kafir. Keduanya sama2 dikasih penyakit. Obatnya ikan laut. Ketika rakyat raja kafir datang kelaut dg mudahnya menangkap dan diberikan kepada raja utk disantap, dan raja sembuh.
Sedangkan untuk raja iman tidak begitu. Rakyat pulang dari laut dengan tangan hampa karena ikan menjauh kelaut dalam. Rajapun tetap sakit. Ketika mendengar cerita itu sahabat nabi protes dimana letak keadilan??

Ternyata menurut nabi justru disitulah letak rahasia pertolongan Allah. Raja kafir yang telah sembuh terus bergelimang dalam hidup yang penuh maksiat dan lupa syukur. Sedangkan raja iman dengan sakitnya itu tetap sabar dan selalu bermohon kepada Allah agar selalu diberikan kebaikan.

Dari uraian diatas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa doa yang tidak dikabulkan bukan berarti Allah tidak sayang sama kita tapi justru karena sangat sayang. Kalau saja terkabul mungkin justru lebih meningkat kekufurannya. Dibalik setiap kejadian pasti ada hikmah yang bisa diambil
0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home